Puskessos Gambut Jadi Panutan Se Kabupaten Banjar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskessos) Harapan Hidup Kelurahan Gambut Kecamatan Gambvut Kabvupaten Banjar, bolehlah berbangga. Pasalnya, organisasi kemasyarakatan yang bersifat sosial ini menjadi rujukan dan tempat studi tiru Puskessos se Kabupaten Banjar.
Puskessos Harapan Hidup dinilai berhasil dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial kemasyarakat dan membantu program-program pemerintah daerah. Antara lain yang telah dilakukan yakni membantu warga kurang mampu untuk berobat, serta membantu membedah rumah warga yang kurang mampu.
Kabid Sosbud dan SDM Bappelitbang Kabupaten Banjar Anna Rosida Santi yang membawa rombongan studi tiru di Kecamatan Gambut (Kamis (8/8/2019), menjelaskan, mengapa Kelurahan Gambut menjadi tujuan, evaluasi dan monitoring karena dianggap berhasil menjalankan fungsi, tugas dan tanggungjawab dengan sepenuh hati walau dengan keterbatasan dana.
Anna dan rombongan yang disambut oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Gambut ibu Hj. Nor Aidah mengharapkan, peserta studi tiru dapat mengamati, meniru dan inovasi serta memodifikasi apa yang dilakukan oleh Puskessos Harapan Hidup dengan menyesuaikan muatal lokal sesuai kondisi desa masing-masing.
Sementara Supervisor Puskesos Harapan Hidup Maria Ulfah menjelaskan kegiatan terbanyak di Puskesos Harapan Hidup adalah memberikan rujukan berobat untuk masyarakat, terutama yang terdaftar dalam Data Bases Terpadu. Kegiatan lainnya menggali dana swadaya murni masyarakat untuk bedah rumah warga tak mampu
“Seperti untuk membadah rumah Bapak Anuwar di Jalan Pemajatan RT 005 Kelurahan Gambut. Bapak Anuwar tidak terdaftar dalam BDT yang tergolongan masyarakat sangat tidak mampu. Kegiatan ini dilaksanakan bersama masyarakat dan muspika Gambut,” jelasnya.
Puskessos Harapan Hidup juga mendorong desa menganggarkan kegiatan bedah rumah bagi warga desanya yang benar-benar tidak mampu dan rumahnya termasuk tidak layak huni. Menyampaikan usulan baru bedah rumah ke pemerintah kabupaten dan provinsi.
Selain itu memfasilitasi dan turut serta dalam penanganan langsung pasien penyakit kanker payudara, operasi katarak, bibir sumbing, juga turut serta dalam penanggulangan bencana, seperti banjir, kebakaran, angin puting beliung dari Pasca bencana terkait data dan penanganan penyaluran bantuan.
Maria menambahkan Puskesos Harapan Hidup juga turut penanganan fakir miskin berupa pemberian sembako, pakaian, baik dari CSR dengan perusahaan maupun bantuan dari Pemerintah.
Puskesos membantu pendampingan dalam Rastra, kunjungan lansia, turut dalam pendampingan Musrembangdes dan Musrenbang Kecamatan. “Guna meningkatkan kapasitas kemampuan masyarakat dan juga pengurus Puskesos memfasilitasi dan juga turut dalam bimtek, pelatihan dan pembinaan.” Jelasnya. (MC-Banjar/Briefda-Hairudin/Dani/YR)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...