Rakor Camat Bahas Dua Agenda Besar Tahun 2020

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar akan melaksanakan dua agenda besar yang akan berlangsung secara serentak di Tahun 2020. Hal tersebut diungkapkan Bupati Banjar saat menghadiri Rapat Koordinasi Camat se-Kabupaten Banjar, di Kantor Kecamatan Karang Intan, pada Selasa (11/2/2020).
Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan melalui rapat koordinasi camat ini, ada beberapa hal yang disampaikan. Pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Banjar akan melaksanakan dua agenda besar yaitu pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020, dan Pemilihan Kepala Desa serentak.
“Pada pelaksanaan Pilkada serentak dari tujuh Kabupaten /Kota di Kalimantan Selatan, Kabupaten Banjar salah satu yang melaksanakan pilkada tersebut. tahapan telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret dengan tahapan Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan dan Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS),” papar Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar
Guru Khalil juga menghimbau Camat untuk mengawal tahapan demi tahapan pilkada, tertutama dalam pembentukan PPK, PPS dan KPPS di wilayah Kecamatan masing-masing, junjung tinggi asas langsung, umum, babas, rahasia, jujur dan adil (LUBERJURDIL) dalam pelaksanaan pilkada.
“Berkenaan dengan pelaksanaan kepala desa pada tahun 2020 serentak tanggal 22 April pada 19 Kecamatan dengan jumlah 140 desa dan satu kecamatan tidak melaksanakan yaitu kecamatan Sambung Makmur karena sudah melaksanakan pemilihan pada tahun 2018,” tambahnya
Pada rakor tersebut, Bupati Banjar, H khalilurrahman juga meminta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk mempersiapkan dan mensukseskan Pelantikan BPD. Lalu kepada camat untuk mengawal tahapan demi tahapan pilkades serentak dengan baik dan selalu melaporkan perkembangan pelaksanaan kepada Dinas terkait.
“Untuk menjadi perhatian, camat sebagai prangkat daerah memepunyai khususan dibanding dengan perangkat daerah lain. Dengan tugas pokok mendukung pelaksanaan asas desentralisasi mengintegrasikan nilai-nilai sosio kultural, menciptakan stabilitas dalam dinamika politik, ekonomi dan budaya. Mengupayakan terwujudnya ketentraman dan ketertiban wilayah sebagai kesejahteraan rakyat dalam membangun integritas kesatuan wilayah,” ungkap H. Khalilurrahman
Sedangkan Camat Karang Intan, Muhammad Ilmi menjelaskan kegiatan rakor camat se-Kabupaten Banjar tersebut membahas tentang pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Kepada Desa, semua dibicarakan dan disepakati bersama terutama tanggal pelaksanaannya.
Nantinya akan ada rapat lanjutan, mengingat dari KPU masih tahap sosialisasi di semua kecamatan.
“Dalam hal ini Bupati Banjar pun menghendaki para camat selaku kepala wilayah di kecamatan agar pelaksanaan Pilkada dan Pilkades agar berlangsung secara aman, tertib dan damai,” katanya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Man)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?