Rakor Percepatan Penanganan Dan Pengendalian COVID-19 Provinsi Kalimantan Selatan

Martapura, InfoPublik – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Penanganan dan Pengendalian Covid 19 bersama Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota se Kalimantan Selatan secara virtual bertempat di Media Center Provinsi Kalimantan Selatan, dan dipimpin oleh Plh Sekda Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan H. M. Muslim Roy.
Dalam Rakor tersebut, Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H. Mokhamad Hilman, Kepala Dinas Kesehatan dr Diauddin dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Irwan Kumar mengikuti dari Command Center Barokah Martapura, Senin (21/9/2020) siang.
Dalam sambutan pembukaan Rakor tersebut, Plh Sekda Prov Kalimantan Selatan menyampaikan situasi penyebaran Covid-19 yang sudah menjangkau seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, perlu langkah percepatan penanggulan Covid-19 secara serentak bersama-sama, dan segera akan dibuatkan Perda oleh Provinsi yang akan mengatur penegakan disiplin protokol kesehatan agar dapat menekan bertambahnya kasus baru dan mengurangi angka kematian serendah-rendahnya.
Roy Rizali Anwar mengatakan, Perda tersebut akan mengatur penerapan disiplin protokol kesehatan dan melaksanakan operasi yustisi di seluruh Kabupaten dan Kota di Kalimantan Selatan.Pelaksanaan Operasi Yustisi tersebut akan melibatkan TNI,Polri,dan Satpol PP.
“Sebelumnya telah dibuat Pergub dan akan ditingkatkan menjadi Perda, sehingga penerapan yustisi tersebut dapat dilaksanakan di seluruh Kalimantan Selatan.” ungkapnya.
Dalam Rakor tersebut Bupati Banjar menyampaikan, bahwa di Kabupaten Banjar sendiri kasus Covid-19 sudah meluai menurun dan dibeberapa kecamatan sudah menurun statusnya dari zona merah menjadi kuning dan beberapa daerah sudah dinyatakan sebagai zona hijau atau dinyatakan bebas dari Covid-19.
H Khalilurrahman mengatakan. “Selain melaksanakan Swab tes secara masal Pemkab Banjar juga rutin melaksanakan program gebrak masker atau pembagian masker sekaligus penyuluhan secara langsung. dan harapkan nantinya dengan adanya Perda yang mengatur penerapan disiplin protokol kesehatan dapat menekan lagi kasus Covid-19.” Katanya. (MC.BANJARKAB/agusoke)

Source:: INFOPUBLIK

Comments
Loading...
× Ada yang bisa kami bantu?