SAFARI RAMADHAN DI KEC GAMBUT DESA GUNTUNG UJUNG SERAHKAN BANTUAN ALSINTAN

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Desa Guntung Ujung merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yang merupakan salah satu sentra pertanian budidaya padi sawah dengan luasan sawah sebesar 715 hektar.  Dalam upaya membina dan mendampingi kelompok-kelompok tani aktif yang berperan serta memajukan pertanian di Desa Guntung Ujung pada khususnya dan Kabupaten Banjar secara umum, maka Penyuluh Pertanian bersama beberapa pengurus kelompok tani berinisiatif membentuk Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) yang merupakan sebuah peluang bisnis di pedesaan yang tentunya didukung oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bnajar.  Keberadaan UPJA ini dilatar belakangi oleh adanya suatu peluang usaha dimana terdapat kesenjangan antara kebutuhan alsintan (alat mesin pertanian) dengan ketersedian alsintan di suatu wilayah.  Padahal alsintan sangat dibutuhkan petani untuk mempercepat pengolahan tanah, penyediaan air, peningkatan indeks pertanaman, mengurangi kehilangan hasil, dan sebagainya dalam rangka efisiensi usaha tani.  Sementara itu, petani tidak memiiki modal yang cukup untuk membeli alsintan sendiri.  Oleh karena itu UPJA diperlukan petani sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan alsintan.

Bersamaan dengan agenda Safari Ramadhan bapak Bupati Banjar di hari ke 17 pada Sabtu tanggal 2 Juni 2018 bertempat di Desa Guntung Ujung Kec. Gambut diserahkan secara simbolis kepada Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Berkat Bersama 2 (dua) unit mesin panen Combine Harvester, 5 (lima) unit Traktor rottary dan 2(dua) unit pompa air. Berkurangnya tenaga kerja pertanian mendorong pemerintah menggerakkan bantuan alat dan mesin pertanian serta mempercepat pencapaian target daerah dan nasional.

“Dengan diberikannya bantuan kepada Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), diharapkan akan memberikan dampak bagi peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Banjar serta ada peningkatan kesejahteraan petani, jika petani makmur maka masyarakat pun makmur dan sejahtera sehingga kemiskinan akan berkurang dan menjadikan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.” Demikian disampaikan Bupati Banjar K.H. Khalilurrahman.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar Ir. H. Muhammad Fachry, MP berharap agar bantuan yang telah diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dengan bantuan tersebut proses dan berbagai kegiatan budidaya pertanian bisa lebih cepat selesai dan hasilnya pun semakin baik, dengan demikian target daerah dan nasional akan tercapai.  “Untuk itu saya meminta agar bantuan yang telah diserahkan supaya dijaga dan dirawat dengan baik, jangan dibiarkan menganggur, dan pertanian di Kecamatan Gambut dapat terus ditingkatkan, jangan sampai kindai limpuar menjadi ‘puang’” demikian disampaikan Kadis TPH Kab. Banjar.

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
X