Sapi Kurban Bantuan Presiden Dibagikan Ke Warga Dua Desa

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Satu ekor sapi kurban seberat sekitar 1,1 ton bantuan Presiden Joko Widodo, disembelih oleh Jamaah Masjid Tuhfaturraghibin atau Masjid Jami Keramat Datu Kelampayan dan warga sekitar masjid di Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar tersebut, Rabu (21/8).
Daging kurban yang telah dimasukkan ke kantong plastik, kemudian dibagikan kepada warga di dua desa yakni Desa Kelampayan Tengah dan Desa Kelampaian Hulu, Kecamatan Astambul.
Sapi dari Presiden Jokowi berjenis Brahman-Limosen merupakan sapi terbesar di antara hewan kurban lainnya di Masjid Jami Keramat Datu Kelampayan. Butuh banyak petugas untuk bisa merobohkan sapi tersebut, untuk disembelih.
Kelampaian sendiri merupakan satu daerah yang cukup dikenal oleh warga di Kalimantan Selatan dan provinsi tetangga Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Pasalnya, di desa tersebut, terdapat makam seorang ulama besar yang dikenal hingga ke Manca Negara yakni, Syech Muhammad Arsyad Al Banjari atau yang dikenal dengan sebutan Datu Kelampaian, pengarang Kitab Sabilal Muhtadin.
Kelampaian termasuk sebagai salah satu tempat wisata religious di Kabupaten Banjar, dan setiap harinya banyak pejiarah dari berbagai daerah datang ke Kelampaian.
Panitia Kurban di Masjid Jami Keramat, Suriansyah mengungkapkan, pihaknya mendapat bantuan sapi dari Presiden RI, Joko Widodo. Sapi itu diserahkan melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan kepada Pemerintah Kabupaten Banjar untuk selanjutnya diteruskan kepada pengelola Masjid Jami Keramat, Kelampaian.
Sapi besar tersebut diserahkan oleh Sekdaprov Kalimantan Selatan, Abdul Harris Makkie didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan, Suparmi serta Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, Dondit S Bekti kepada pengurus Masjid Jami Keramat Kelampaian.
Kadis Perkebunan dan Peternakan Suparmi mengatakan, hewan kurban yang diberikan Presiden Jokowi sudah melalui proses seleksi sejak pertengahan Juli 2018 lalu. “Sapi yang diserahkan benar-benar mendekati kriteria yang diharapkan Presiden Jokowi, baik dari segi ukuran maupun kesehatannya,” kata Suparmi
Sedangkan menurut Suriansyah, panitia kurban menyiapkan seribu kupon lebih untuk masyarakat penerima daging kurban di dua desa. “Kami sangat berterima kasih, atas bantuan sapi dari presiden untuk kurban di tempat kami,” ujarnya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X