SEGERA LAKUKAN DETEKSI DINI TBC

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Mewakili Bupati, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Masruri mengatakan, deteksi dini dan pencegahan penularan Tuberkulosis (TBC), diharap kian meningkatkan kesadaran masyarakat tentang permasalahan TBC.
”Ini juga upaya meningkatkan peran pemangku kebijakan dan peran serta kelompok masyarakat lainnya dalam mendukung program pengendalian TBC,” kata Masruri pada Sosialisasi dan Intensifikasi Deteksi Dini (Skrining) TBC, di Pondok Pesantren An-Najah Putri Cindai Alus Martapura, Sabtu (30/3).
Hadir Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah dan Kadis Kesehatan Provinsi, Kadis Kesehatan Ikhwansyah, Kadis Pendidikan Maidi Armansyah, TP PKK Banjar.
Dijelaskannya, sosialisasi dan skrining TBC ini dalam rangka hari Tuberkulosis sedunia pada 24 maret 2019 kemarin. Peringatan Hari TB Sedunia, dijadikan kesempatan untuk mengajak semua pihak untuk terlibat aktif dalam pencegahan dan pengendalian Tuberkulosis.
Dengan mengambil tema ”Saatnya Indonesia Bebas TBC, mulai dari saya” ini, diharap dapat menggerakkan hati setiap orang untuk menyadari bahwa eliminasi TBC bukan hanya tanggungjawab sektor kesehatan, namun juga tanggungjawab setiap individu. ”TBC sebagai isu utama di semua sektor, selain itu penyebarluasan informasi tentang TBC kepada masyarakat akan meningkatkan pengetahuan dan kepedulian untuk mencegah penularannya,” katanya.
Salah satunya melalui gerakan penggunaan masker bila ada yang menderita batuk dan segera memeriksakan diri untuk memastikan mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat dan berkualitas.
”Dalam upaya program penanggulangan TBC, diharap dukungan semua pihak, salah satunya peran kader PKK agar berpartisipasi aktif dalam penemuan kasus dan promosi tentang TBC,” tandasnya.
Penemuan kasus baru TBC di Kabupaten Banjar, ungkapnya, telah melibatkan semua puskesmas dan sebagian rumah sakit. Pada 2018 capaian penemuan kasus baru TBC berjumlah 1307 kasus (51,6%) dari target nasional 70 %. ”Disamping itu program TBC merupakan salah indikator capaian standar pelayanan minimum (SPM),” pungkasnya

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...