Sekda Promosikan Taman Hutan Rakyat Sultan Adam

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.


Martapura,InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan peringati Hari Bakti Rimbawan ke 36, di lokasi jalan Mataraman Sungai Ulin Banjarbaru Arteri Road, Sabtu (15/3/2019) pagi.
Sekertaris Daerah Kabupaten Banjar, H Nasrun Syah mengucapkan selamat Hari Bakti Rimbawan ke 36. Pemkab Banjar bangga melakukan penanaman di lokasi jalan tembus Mataraman Sungai Ulin Banjarbaru arteri road. Lokasi ini tepat sekali dilakukan penanaman yang akan dibangun tahun ini tembus ke Kecamatan Mataraman.
Sekda Banjar juga mengajak mempromosikan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Sultan Adam,Mandi Angin. Tahura sekarang menjadi objek wisata alam yang banyak dikunjungi oleh masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan. Keindahan tahura menjadi daya Tarik tersendiri untuk dapat menikmatinya baik Bersama keluarga, teman maupun rekan kerja. sudah banyak objek wisata yang ada di daerah Kawasan Tahura terseebut, ada pulau yang dikhususkan untuk Monyet Bekantan yang disebut Pulau Bekantan dan Pulau Rusa dan sudah banyak tempat tempat foto jadi ada jembatan gantung yang menarik sebagai obyek foto, dan paling membanggakan dari kolam Belanda ke puncaknya bisa melihat Waduk Riam Kanan dengan Keindahan yang disebut Raja Ampat Kalimantan Selatan.
Kepala Kesatuaan Pengelolaan Hutan Kayu Tangi, Lanang Budi mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banjar dalam hal ini melakukan penanaman serentak dalam rangka Hari Bakti Rimbawan yang ke 36 tahun 2019.
Sejarah terjadinya Hari Bakti Rimbawan adalah hari dimana dibentuknya Kementerian Kehutanan yang sebelumnya masih bergabung di dalam Departemen Pertanian, kalau dulu namanya Departemen Kehutanan yaitu tanggal 16 Maret 1983 dan hingga hari ini umurnya adalah tepat 36 tahun.
Penanaman dalam rangka Hari Bakti Rimbawan tahun ini dilaksanakan secara serentak disemua wilayah Kalimantan Selatan. Ini adalah merupakan kepedulian kita terhadap lingkungan dan merupakan bentuk langsung dukungan kita terhadap “revolusi hijau” yang telah dicanangkan oleh Bapak Gubernur.
Penanaman dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ini untuk wilayah KPH Kayu Tangi penanaman dilaksanakan juga pada masing-masing dengan melibatkan aparat Kecamatan, desa dan tokoh masyarakat serta kelompok tani setempat yaitu dengan Kesatuan Resort Pengelolaan Hutan (KRPH) Pengaron, Sungai Pinang dan Paramasan dengan jumlah tanaman seluruhnya adalah 2.000 batang dengan berbagai jenis antara lain Mahoni, Trembesi Sengon dan jenis Multy Puspose Tree Spesies (MPTS) yaitu Matoa mangga, jambu air, kelengkeng dan rambutan. Khususnya MPTS Rencananya akan ditanam di hutan kota.
Dalam kesempatan ini kawasan hutan KPH Kayu Tangi telah membentuk Kelompok Tani Hutan (KTH) dan melakukan penanaman dimana pada tahun 2019 KPH Kayu Tangi melaksanakan bersama KTH sebanyak 54 KTH dengan masing-masing jumlah tanaman sebanyak 5.000 batang, sehingga nantinya jumlah tanaman yang tertanam adalah sebanyak 270.000 batang dengan jenis Sengon Solomon.
Acara tersebut dihadiri Sekertaris Daerah Kabupaten Banjar, H Nasrun Syah, nampak hadir juga Kepala SKPD Banjar, perwakilan Forkopimda Banjar, dan Himpunan Pensiunan Kehutanan Kalsel. Selanjutnya telah diserahkan bibit pohon secara simbolis oleh Kepala KTH Kayu Tangi, Lanang Budi kepada Sekda Banjar, H Nasrun Syah. Selanjutnya dilakukan penanaman pohon, yang dimulai oleh Sekda Banjar H Nasrun Syah di sepanjang Jalan Arteri Road Mataraman Sungai Ulin. (MC Kominfo Kab.Banjar/Man/Hendy)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...