SEMAI PERDANA TANAMAN PADI DAN PENCANANGAN GERAKAN PENGENDALIAN HAMA TIKUS

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabupaten Banjar terus melaksanakan program kerja untuk meningkatkan produksi dan produktivitas Komoditas Tanaman Padi salah satunya dengan Kegiatan Semai Perdana Tanaman Padi dan Pencanangan Gerakan Pengendalian Hama Tikus yang dilaksanakan di Desa Tambak Anyar Kecamatan Martapura Timur yang dihadiri langusung oleh Bupati Banjar Khalilurrahman, Dandim 1006 MTP Letkol Inf M Ghoffar Ngismail dan Instansi Terkait melakukan semai padi perdana 2019 sekaligus mencanangkan gerakan pengendalian hama tikus dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di kabupaten.

Semai padi perdana sekaligus Pencanangan Gerakan Pengendalian Hama Tikus “Kami mendukung semai padi perdana dan pencanangan gerakan pengendalian hama tikus karena bisa meningkatkan produksi pertanian dan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. Selain dapat meningkatkan produksi pertanian, dua kegiatan itu juga diharapkan mampu mempertahankan predikat Kabupaten Banjar sebagai lumbung pangan di Provinsi Kalsel.

Menurut dia, memasuki musim tanam periode musim hujan tahun 2018/2019, salah satunya adalah mempersiapkan pemberantasan sarang tikus sebagai salah satu hama utama tanaman padi.”Pemberantasan tikus harus dilakukan sejak awal masa tanam karena binatang pengerat itu dapat menyerang tanaman padi dari mulai pembibitan sampai panen sehingga merugikan petani.

 

Dikatakan, tikus adalah hewan yang berkembang biak cepat sekali mampu melahirkan 10-12 anak, dan dapat beranak 6 sampai 8 kali dalam setahun sehingga bisa melahirkan ribuan ekor dalam waktu singkat. Pengendalian hama tikus tidak bisa dilakukan perorangan, tetapi harus bersama-sama dan sering dilakukan sehingga menghambat perkembangbiakannya yang sangat cepat dan banyak.

Dari hasil kegiatan Gerakan Pengendalian hama tikus jumlah hama tikus yang didapat sebanyak 1.066 ekor, dan dari kegiatan tersebut perolehan tertinggi oleh Zainudin sebanyak 210 ekor tikus, peringkat kedua Zian sebanyak 131 ekor dan yang ketiga oleh Iwan sebanyak 115 ekor, masyarakat yang telah memperoleh hasil tangkapan terbanyak akan mendapat hadih dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab Banjar.  (Rz/Hani/Lia)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...