Sepeda Nusantara Etape Kabupaten Banjar Diikuti Pegowes Provinsi Tetangga

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Ribuan pegowes dari berbagai komunitas kalangan meramaikan kegiatan Sepeda Nusantara Etape Kabupaten Banjar, Minggu (23/9) pagi. Mereka bukan hanya pesepeda dari Kalimantan Selatan, namun ada juga yang datang dari Kalimantan Tengah.
Start di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura, para pesepeda tersebut dilepas oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama dengan Kepala Biro Humas dan Hukum Sekretariat Kemenpora Drs. Sanusi MH, didampingi Ketua DPRD Banjar H Rusli, Dandim 1006 Martapura, Letkol Inf. Muhammad Goffar N, Sekda Banjar H Nasrunsyah, Kadis Pemuda dan Olahraga Rachmat Dhany serta sejumlah pejabat lainnya.
Sedangkan di barisan pegowes, tampak Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana serta sejumlah pejabat daerah lainnya yang turut melahap jalur Sepeda Nusantara Etape Kabupaten Banjar.
Sebelumnya Bupati H Kalilurrahman mengatakan, bahwa dirinya juga tak asing dengan olahraga bersepeda, karena saat masih aktif mengajar di Pondok Pesantren Darussalam, dia selalu menggunakan sepeda untuk berangkat mengajar dari rumah ke Ponpes.
“Bersepeda merupakan kegiatan saya setiap hari, karena dari rumah ke tempat mengajar menggunakan sepeda. Dulu sepeda onthel,” ujar Bupati.
H Khalilurrahman mengatakan terima kasih atas kepercayaan dari Kemenpora, kepada Kabupaten Banjar untuk menyelenggarakan sepeda nusantara yang merupakan agenda nasional.
“Kabupaten Banjar merupakan salah satu kabupaten yang diberikan kepercayaan melaksanakan sepeda Nusantara, pelaksanaan sepeda Nusantara etape Kabupaten Banjar merupakan salah satu momentum bagi kita dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 yang jatuh pada tanggal 9 September 2018 selalu, dan ini merupakan momentum untuk memperkenalkan potensi pembangunan di wilayah Kabupaten Banjar bagi peserta Sepeda Nusantara khususnya untuk peserta dari luar kota,” imbuhnya.
Melalui pelaksanaan kegiatan Sepeda Nusantara ini beliau berharap tercapai tujuan meningkatkan kualitas hidup manusia, meningkatkan angka partisipasi penduduk Indonesia yang berolahraga, sebagai media mendukung gerakan masyarakat hidup sehat (gemas) di masyarakat. Sehat tanpa narkoba serta merekatkan persaudaraan dan menjaga keutuhan bangsa, membudayakan olahraga dengan gerakan ayo olahraga dalam rangka memperingati (haornas) sekaligus mewujudkan masyarakat sehat bugar menuju masyarakat Kabupaten Banjar sejahtera dan barokah.
Kepala Biro Humas dan Hukum Sekretariat Kemenpora Drs. Sanusi MH mengatakan kegiatan sepeda nusantara yang telah diselenggarakan dua tahun untuk pembudayaan olahraga di masyarakat. Sepeda Nusantara, digelar di 70 titik Kabupaten dan Kota di Indonesia, salah satunya etape Kabupaten Banjar.
Dikatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar sukses menyelenggarakan event serupa setahun sebelumnya, sehingga diberi kepercayaan untuk menyelanggarakan Sepeda Nusantara tahun 2018.
“Saya menyaksikan, antusias masyarakat di daerah ini begitu besar terlihat dari banyaknya peserta. Saya sangat bangga dan menyatakan bahwa Kabupaten Banjar layak untuk melaksanakan kegiatan olahraga nasional,” ujarnya.
Sedangkan Kadis Pemuda dan Olahraga Banjar, Rachmat Dhany menjelaskan, peserta lebih dari 3.000 orang yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan serta Kalimantan Tengah. Jumlah tersebut diakui pihak panitia melebihi target yang telah ditentukan di awal, yakni 1.000 peserta.
Peserta terbagi dua katagori yakni jalur pendek, 5 kilometer dan jalur panjang 21 kilometer. Start di RTH Ratu Zalecha Martapura goweser masuk ke Jalan Ahmad Yani, lalu melewati kawasan Murung di samping Masjid Agung Al-Karomah Martapura. Selanjutnya menuju kawasan pekauman serta kampung Melayu, Menteri 4, Sekumpul dan istirahat di Stadion Demang Lehman.
Usai melepas Lelah, para pesepeda lanjut mengayuh sepedanya ke kawasan Tunggul Irang hingga kembali finish di RTH Ratu Zalecha Martapura. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Hendy/Agus/Dani)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X