Si Lesung Juarai Kontes Durian se-Kabupaten Banjar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Durian Si Lesung asal Desa Biih Kecamatan Karang Intan berhasil menjadi juara pada Kontes Durian Tahun 2019 se-Kabupaten Banjar , yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Banjar, di Danau Tamiyang Kecamatan Mandikapau Barat, Selasa (22/1/2019).
Si Lesung berhasil meraih nilai tertinggi dibanding dengan 79 durian kontestan lainnya yang berasal dari berbagai kecamatan sentra durian di Kabupaten Banjar. Atas keberhasilan tersebut, Anita Fitriani pemilik Si Lesung berhasil membawa pulang hadiah uang sebesar Rp7.500.000.
Sebagai juara kedua diraih Supriadi asal Desa Biih dengan durian yang diberi nama Si Tembaga sedangkan juara ketiga durian Si Waluh asal Desa Mandakapau Timur Kecamatan Karang Intan yang dimiliki oleh Ardani.
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang turut menyaksikan gelaran Kontes Durian se-Kabupaten Banjar tersebut tampak sangat gembira dan berkesempatan mencicipi enaknya buah durian juara Si Lesung. “Ini durian milenial, enak sekali,” komentarnya.
Paman Birin demikian biasa gubernur ini disapa meminta warganya untuk terus melestarikan Plasma nutfah asli Kalimantan Selatan. “Kita ada gerakan Revolusi Hijau di Kalimantan Selatan, yakni gerakan menanam, menanam dan menanam. Jangan berpikir menanam itu untuk dinikmati diri sendiri, namun menanamlah untuk keturunan kita,” imbuhnya.
Pada Kontes Durian se-Kabupaten Banjar Tahun 2019 ini juga menampilkan sejumlah buah eksotik hutan tropis Kalimantan Selatan seperti, kapul, ramania, jejantik, kalangkala, buah bundar dan lainnya.
Kontes juga disaksikan oleh utusan Kementerian RI yakni Direktur Buah dan Florikultura Sarwo Edhy serta Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Enrizal Jamal.
Bupati H Khalilurrahman yang juga hadir di acara tersebut mengajak warganya untuk mensyukuri limpahan karunia berupa kekayaan alam di Kabupaten Banjar, di antaranya berupa buah-buahan seperti durian, jeruk dan lainnya.
“Kontes durian seperti ini patut untuk diselenggarakan secara rutin, karena dari si inilah kita bisa mengenal berbagai varietas durian unggul. Durian-durian tersebut sudah kita daftarkan sebagai durian unggul ke Kementerian Pertanian, di antaranya durian Si Japang, Si Dodol, Si Hijau, Si Penyangat, Si Menjangan, Si Penganten dan lainnya.
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Banjar Muhammad Fachry menjelaskan, penilaian kontes durian berdasarkan pada rasa, bau, ukuran buah, warna buah serta ketebalan buah. “Nantinya durian yang menjadi juara akan kembali kita usulkan menjadi varietas unggul ke Kementerian Pertanian,” imbuh dia. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Dani/Eyv)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...