SINERGISITAS ANTARA ORGANISASI, LINTAS SEKTOR DAN MASYARAKAT DALAM PERINGATAN HUT PPNI KE-45

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

HUT PPNI yang ke-45 tahun ini di sambut meriah tidak hanya dari kalangan perawat di Kabupaten Banjar namun didukung pula oleh Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kecamatan, Aparat Desa, Babinsa, Polsek, bahkan organisasi profesi lain seperti kesling dan IDI. Dengan tema “Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat” kegiatan kali ini diisi dengan aksi dan bakti sosial kepada masyakat Bincau Muara, dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, khitanan massal dan pembongkaran jamban di bantaran sungai bincau muara secara simbolis kemudian penggantian jamban dengan teknologi tempat guna Tripikon-S. kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah daerah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) yang telah dicanangkan oleh Bapak Bupati Banjar beberapa waktu lalu dan sejalan dengan program nasional.

PPNI Kabupaten Banjar bekerjasama dengan UPT. Puskesmas Martapura I, didukung dari Kesling, Pembakal Desa Bincau Muara serta Masyarakat sekitar menyiapkan kegiatan aksi dan baksos sudah sejak beberapa hari yang lalu, dengan melakukan perakitan tripikon-S, pemasangan tenda dan koordinasi dengan beberapa pihak. Mereka berharap kegiatan berjalan sukses dan tujuan pelaksanaan kegiatan dapat tercapai.

Dengan dukungan semua pihak insya Allah peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Banjar akan dapat tercapai dengan baik, ungkap kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Bapak Ikhwansyah, M.Kes. beliau juga mengucapkan terima kasih atas peran serta organisasi kesehatan terbesar di Indonesia yaitu Perawat, karena dengan peran perawat yang memiliki anggota terbanyak, di Kabupaten Banjar saja anggotanya sekitar 1.200 orang merupakan potensi yang luar biasa untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat, beliau juga berharap dengan pembongkaran jamban apung ini dapat merobah perilaku hidup masyarakat menjadi berperilaku bersih dan sehat.

Demikian halnya Bupati Banjar dalam sambutannya menyampaikan pesan agar semua Perawat terus meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat, dan memberikan pelayanan tanpa pandang bulu, ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah SWT, karena menurut beliau jika kita mau menolong orang lain maka Allah pasti akan menolong kita. Pesan tersebut memiliki makna yang dalam dan patut kita renungkan bersama. Semoga dengan demikian masyarakat Kabupaten Banjar Sejahatera dan Barokah dapat terwujud.

Setelah menyampaikan sambutan dan pesannya, Bupati Banjar Bapak KH. Khalilurrahman langsung meresmikan POSKESDES Bincau Muara, dan dengan didamping Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar meninjau kegiatan sunatan Massal, pemeriksaan dan pengobatan gratis, dilanjutkan dengan aksi pembongkaran jamban serta pembuatan WC dengan teknologi tepat guna Tripikon-S

Alhamdulillah antusias masyarakat di Bincau Muara sangat tinggi dalam kegiatan kali ini, target khitanan massal 11 orang namun dalam pelaksanaannya hingga siang hari petugas perawat sudah melayani 18 orang anak yang dikhitan, demikian pula kegiatan pengobatan gratisnya melayani sekitar 50 orang lebih, untuk pembuatan tripikon-S pihak PPNI menyumbang 1 unit dan 4 unit dari dana desa. Demikian ungkap ketua PPNI Kabupaten Banjar Bapak Raziansyah,S.Kp.MPH.

video wawancara kadinkes sesaat setelah pembongkaran jamban di desa Bincau Muara, 2 April 2019 :

https://drive.google.com/file/d/1VPgmzzA8whj8IAaGV8og3-bCb-u5vCNz/view?usp=sharing

Source:: DINKES

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...