Tanam Padi “Banjar Sapa” Dan Bawang Merah

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar beserta jajaran Kepala SKPD Banjar Tanam Padi Unggul “Banjar Sapa” dan Bawang Merah Sekaligus Pengukuhan Kelompok Tani, di Desa Penjambuan Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Selasa (30/10).
Selain acara Tanam Padi Unggul Dan Bawang Merah dilakukan juga pengkuhan Kelompok Tani “Bina Guna” di Kecamatan Sungai Tabuk, yang dikukuhkan langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman, sebanyak 148 kelompok Tani Kelas Pemula, 63 Kelompok Tani Kelas Lanjut dan 1 Kelompok Tani Kelas Pemula.
Bupati Banjar H Khalillurrahman menyampaikan atas Pemerintah Kabupaten Banjar sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan Tanam Perdana Padi Periode Musim Hujan 2018/2019 dan Bawang Merah serta pengukuhan Kelompok Tani.
“Acara hari ini memiliki arti penting dalam upaya pemerintah Kabupaten Banjar, untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, melalui peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dari satu kali tanam menjadi dua kali tanam dalam setahun,” katanya.
Bupati banjar mengatakan pada hari ini kita telah melakukan tanam bawang merah di Desa Penjambuan. Ini merupakan salah satu kegiatan Diversifikasi Pertanian, bertujuan untuk menghindari ketergantungan pada salah satu hasil pertanian. Sehingga menjadi perhatian kita semua kerena bawang merah merupakan kebutuhan sehari-hari.
H Khalillurrahman berpesan kepada kelompok tani yang baru dikukuhkan agar betul-betul menjalankan fungsi kelompok taninya, mari bersatu padu bekerja membangun ketahanan pangan yang kuat dan mandiri, mewujudkan sector pertanian yang lebih maju untuk mewujudkan Indonesia menuju Lumbung Pangan Dunia 2045 dan tetap mempertahankan Kabupaten Banjar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Selatan dengan seloga “Kindai Limpuar”.
Selain itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Muhammad Fachry menyampaikan, untuk kegiatan tanam bawang merah, pada tahun yang lalu seluas 1 Ha, untuk tahun ini juga 1 Ha. Jadi potensi lahan seluas 100 HA, baru dibuka 40 Ha.

“Untuk kegiatan revalitasi kelompok tani, dilakukan pada semua kecamatan untuk mengevaluasi kelembagaan kelas kelompok tani yang yang ada di seluruh Kabupaten Banjar, sebanyak 2079 kelompok tani salah satunya Kecamatan Sungai Tabuk ”Katanya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Rzq/Levi/Man/Dessy)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X