TANAM PADI SISTEM SURJAN DI KECAMATAN ASTAMBUL

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kelompok Tani Karya Baru melaksanakan tanam padi dengan system surjan bersama Danramil, Petugas Dinas TPH , Petugas Dinas Nakbun, serta  seluruh PPL Kec.Astambul pada Rabu 27 Februari 2019 di Desa Kelampaian Tengah Padang Tabangan. Pada kesempatan ini benih padi yang ditanam adalah varietas local siam kuning  ditanam dengan sistim Jarwo 4 : 1 dilahan seluas 0.1 Ha.

Petani Pemilik lahan Bapak Amat menyatakan bahwa kearifan local di Kecamatan Astambul khususnya Desa Kelampaian Tengah ini untuk bertanam padi sangat baik dengan system surjan.budidaya pertanian dengan sistem surjan sudah lama dikenal dan diterapkan petani.  Walaupun teknik budidayanya memberi hasil produksi yang relatif belum memadai, namum sistem ini dalam pengelolaannya memiliki nilai kearifan tradisional yang relatif lebih ramah lingkungan dan selaras dengan kondisi ekologi yang ada.

Sistem surjan merupakan suatu cara pengelolaan tanah dan air yang disesuaikan dengan kondisi alam setempat.  Dengan penerapan sistem surjan, maka lahan akan menjadi lebih produktif, karena pada lahan tersebut akan tersedia dua tatanan lahan, yaitu Lahan tabukan yang tergenang (digunakan untuk menanam padi atau digabungkan dengan budidaya ikan/minapadi);  dan  Lahan guludan/tembokan/baluran sebagai lahan kering (digunakan untuk budidaya palawija, buah-buahan, tanaman tahunan/perkebunan).

Pada lahan guludan/ tembokan milik pak Amat digunakan untuk menanam Jeruk Trigas dan jeruk bali serta Jeruk siam banjar, dengan menanam aneka ragam jenis tanaman dengan umur panen yang berbeda-beda sehingga pendapatan pak Amat dapat terus berlanjut sepanjang tahun, pak Amat menuturkan Pengolahan tanah dan pemeliharaan tanaman lebih mudah,  resiko kegagalan panen juga kecil karena jenis tanaman yang ditanam bermacammacam dan upaya untuk meningkatkan IP Pertanaman padi juga berhasil karena sawah Dapat ditanami padi sebanyak 2 kali musim tanam.

Kepala Desa Kelampaian Tengah Rusdian yang turut hadir juga memotivasi kelompok Tani untuk aktif berusaha tani kegiatan secara berkelompok, menjalin kerjasama dengan PPL dan Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Astambul. Beliau juga berpesan agar fungsi kelompok tani sebagai wadah/wahana kerjasama terus dikembangkan.

PPL Desa Kelampaian Tengah Marwiah, SP yang terus menerus melaksanakan tugas dan fungsinya selalu mendampingi kegiatan kelompok tani binaannya belum berpuas diri dan berharap petani binaanya dapat mengembangkan usaha taninya dan dapat menerapkan teknologi rekomendasi yang disampaikan. (Dwi-KJF Dinas TPH).

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...