TANAM PERDANA DI LOKASI #SERASI DI DESA SIMPANG LIMA KEC. CINTAPURI DARUSSALAM KAB. BANJAR

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kelompok Tani Desa Simpang Lima Kec.Cintapuri melakukan tanam perdana dilokasi #SERASI Kabupaten Banjar pada hari Selasa, 21 Mei 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas TPH Kab. Banjar, Kepala Kecamatan Cintapuri, Kepala Balai Penyuluh Kecamatan Cintapuri,  dan Juga Perwakilan dari Kodim 1006/Martapura serta seluruh masyarakat petani setempat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program #SERASI ( Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani ) dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar. #SERASI merupakan upaya meningkatkan produksi padi dan menyiapkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045. Kegiatan ini juga dapat merangsang semangat petani untuk bercocok tanam kembali di lahan rawa.  Tentunya harus ada komitmen yang tinggi dari masyarakat petani untuk bisa berusaha tani, khususnya padi dalam mendukung program pemerintah.

Dalam Sambutannya Kepala Gapoktan Desa Simpang Lima Suparto mengatakan sangat senang dan bangga dengan adanya program #SERASI yang di laksanakan oleh pemerintah. “ Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah, dengan adanya program ini kami menjadi lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan bercocok tanam”, Ujarnya. Suparto juga menambahkan bahwa kelompok Tani Desa Simpang Lima berkomitmen akan melaksanakan kegiatan bercocok tanam sampai 2 (dua) kali dalam tahun ini. “ Insya Allah, yang asalnya 1 (satu) kali dalam setahun, tahun ini kami akan melaksanakan 2 (dua) kali tanam”, tambahnya.

Kegiatan tanam di lokasi #SERASI desa simpang lima merupakan tanam perdana #SERASI di Kab. Banjar. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. H. Muhammad Fachry, MP mengatakan dari 13 (tiga belas) kecamatan lokasi #SERASI yang ada di Kab. Banjar, Kec. Cintapuri yang telah memulai melaksanakan kegiatan tersebut. “ Alhamdulillah, padahal kegiatan ini baru diluncurkan (program #serasi), tetapi teman-teman yang ada di Cintapuri semangat mengerjakan. Dari 13 kecamatan lokasi serasi, kecamatan Cintapuri adalah yang pertama yang memulai”, Ujarnya.  Sebenarnya ada dua desa yang sudah bergerak melaksanakan kegiatan ini, yang pertama yaitu di Desa Simpang Lima dan yang satu lagi yaitu Desa Sindang Jaya. “ Saya berharap kegiatan hari akan memacu kecamatan lain pelaksana serasi  untuk segera melakukan tanam “.

Pesan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Syamsir Rahman, MS kepada Gapoktan pelaksana kegiatan #SERASI agar selalu memperhatikan dan mengacu pada peraturan dan petunjuk umum dalam setiap tahap pelaksanaan kegiatan #SERASI. Beliau juga berharap kepada petani untuk bersungguh-sungguh untuk melaksanakannya agar kegiatan ini berhasil, karena pada akhirnya tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesejahteraan petani. (retno)

Source:: DTPH

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Comments
Loading...