Terus Berinovasi, Bupati Banjar Diundang Diskusi ke Singapura

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Kerap mendorong perkembangan inovasi pelayanan di daerahnya, Bupati Kabupaten Banjar H Khalilurrahman diundang oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang bekerjasama dengan Civil Service College Singapura, untuk berdiskusi seputar inovasi pelayanan publik.
Hanya 20 pimpinan Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang diundang pada acara yang diselenggarakan sejak 16 hingga 19 Juli 2018 ini. Salah satunya adalah Kabupaten Banjar yang dihadiri langsung oleh Bupati H Khalilurrahman didampingi Kepala Bappelitbang Banjar Hary Supriadi serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Muhammad Hilman.
Pertemuan dan diskusi diselenggarakan di Civil Service College, 31 North Buona Vista Road, Singapore 275983. Para pemimpin daerah yang diundang, dianggap memiliki prestasi dalam upaya menyelenggarakan perubahan atau inovasi peningkatan pelayanan kepada publik.
“Acara bertajuk study visit for Indonesia mayor and regents on The Future of Governement, Innovation, and Enterprise. Ada sejumlah kegiatan antara lain pemaparan best practice oleh beberapa narasumber, diskusi dan kunjungan ke beberapa institusi di Singapura,” jelas Hary, saat mendampingi Bupati, Senin (16/7).
Kabupaten Banjar mendapat undangan karena menyelenggarakan Laboratorium Inovasi yang bekerja sama dengan LAN RI. Menurut Hary, tujuan laboratorium inovasi adalah secara terencana berupaya mendorong lahirnya inovasi-inovasi oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar dapat mempercepat capaian pembangunan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Hingga kini telah terdata 206 ide inovasi dari SKPD, Badan, Kecamatan, Puskesmas dan Kelurahan pada laboratorium inovasi. “Dari 206 inovasi tersebut, sebanyak 106 inovasi telah didesain dan sebanyak 56 diantaranya telah diinplementasikan,” jelasnya.
Inovasi diharapkan terus lahir sehingga terus dipantau dan dievaluasi melalui aplikasi Inovasi Tata Pemerintahan Banjar Kreatif Unggul dan Maju atau yang disingkat dengan Intan Bakilau.
Progress sebuah inovasi jelas Hary, sejak tahapan siagnosa, desain hingga impelemntasi terus dipantau dan melahirkan pembelajaran baik atas keberhasilan. hambatan maupun kegagalannya.
Di hadapan para bupati, walikota serta LAN-RI dan pejabat Civil Service College, Singapore, Bupati Banjar H Khalilurrahman mempresentasikan tentang Eradicating Floating Toilet. Upaya Pemerintah Kabupaten Banjar mengubah budaya masyarakat untuk tak lagi buang air di sungai, demi perbaikan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat, mendapat apresiasi dari peserta yang hadir.
Inovasi yang dilakukan oleh Dinas PUPR Banjar ini, sudah mendapat sejumlah apresiasi, salah satunya dari Koran Sindo News. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/dani)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X