TIM WTN 2016 PAPARKAN HASIL PENILAIAN LAPANG TATA LALU LINTAS KABUPATEN BANJAR

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tim Penilai Lomba Nasional Wahana Tata Nugraha (WTN) 2016 melakukan penilaian fisik pelaksanaan transportasi maupun tata lalu lintas di Kabupaten Banjar. Dari penilaian tersebut, Kamis (1/9) tim Penilai Penghargaan Lomba Wahana Tata Nugraha 2016 menggelar ekspos paparan hasil penilaian di Ruang Mahligai Sultan Adam  Martapura.
Penilaian rutin tahunan yang diprakarsai oleh Kementerian Perhubungan ini diberikan Pemerintah kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

humas_banjar@yahoo.com MrtapuraBupati Banjar H Khalilurrahman dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Banjar merupakan daerah lintasan dari beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan  Selatan. Luas wilayah 4688 km dengan jumlah kecamatan ada 19 wilayah, adapun kondisi jalan yakni adanya survey jalan Nasional 5 km, survey jalan provinsi 2 km, dan survey jalan kabupaten 68 km. Ia mengungkapkan, melalui keputusan Bupati Banjar sudah menetapkan KTL (Kawasan Tertib Lalulintas) dari km 36 batas kota Martapura dan Banjarbaru sampai dengan km 41 dengan kelengkapan fasilitas jalan seperti Marka Jalan dan Zebra Cross sudah lengkap, tetapi untuk marka sepeda dan rambu jalan serta APILL atau Traffic Light di simpang Sekumpul yang masih belum diserahkan ke Kabupaten Banjar dari Sektor Pusat.
Khalilurrahman juga menyampaikan, Kabupaten Banjar turut serta Lomba WTN ini yang ke-3 kalinya, Alhamdulillah pada tahun 2014 dan tahun 2015 kami telah berhasil meraih Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN), buah dari kerja keras Pemkab Banjar melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dalam melakukan pembenahan dan tata kelola perhubungan dan lalu lintas dalam meningkatkan kualitas keselamatan berkendara masyarakat, dan kami semua berharap serta optimis, semoga pada tahun 2016 ini kami bisa mendapatkan dan mempertahankan kembali Penganugerahan WTN untuk Kabupaten Banjar.
Ia pun berharap, kegiatan WTN tahun 2016 di Kabupaten Banjar ini tidak hanya sebuah seremonial semata, tetapi hendaknya memberikan nilai positif bagi wajah pelayanan dan kinerja transportasi di Kabupaten Banjar khususnya Kota Martapura. “ Kami tidak hanya mengharapkan penghargaan tapi makna yang lebih penting yaitu input/masukan/saran/kritik dari tim penilai WTN agar transportasi Ibukota kami menjadi lebih baik kedepannya”.

humas_banjar@yahoo.com MrtapuraSementara itu Ketua Tim Penilai Lapangan Penghargaan Wahana Tata Nugraha, Dr Muis
Thohir dalam paparannya menyampaikan maksud dari kegiatan ini adalah untuk
membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan serta untuk meningkatkan
kinerja penyelenggaraan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan dan
tujuannya untuk meningkatkan penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan yang
handal, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna jalan.
Dari hasil penilaian lapangan untuk angkutan pedesaan secara umum sudah cukup baik kemudian untuk angkutan tidak bermotor seperti becak, sebagian besar sudah berjalan pada lajur yang benar. “Namun hal ini tetap harus diperlihatkan perkembangan dan kedisiplinannya agar tetap menjamin keselamatan,” tegas Muis.
Selain itu fasilitas pejalan kaki (trotoar) juga dalam kondisi yang baik dengan kelandaian yang sesuai di berbagai lokasi, fasilitas penyeberangan orang (zebra cross) juga sudah baik dan dilengkapi rambu peringatan serta petunjuk penyeberangan.
“Saya menyarankan agar tidak membiarkan pemanfaatan jalan diluar kepentingan lalu lintas, keculai untuk hal-hal tertentu berdasarkan izin, contohnya seperti trotoar untuk pejalan kaki tidak diperbolehkan untuk pedagang kaki lima,”

“Untuk kekurangannya, seperti marka dan rambu yang sudah mulai pudar catnya, mungkin bisa dilakukan pengecatan ulang dan juga perlu diperhatikan rambu yang terhalang pohon,” jelas Muis Thohir. Hadir pada acara tersebut Sekda Banjar H Nasrunsyah, Kadis Perhubungan, Kominfo  Banjar Aidil Bashit, Ketua DPRD Banjar HM Rusli, Kepala Kejaksaan Negeri Martapura, Kepala Pengadilan Martapura dan Kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar.(humas.banjarkab.go.id)

humas_banjar@yahoo.com Mrtapurahumas_banjar@yahoo.com Mrtapura humas_banjar@yahoo.com Mrtapura

 

Source:: DISHUBKOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X