Tingkatkan Minat Baca, Banjar Datangkan Pustakawan Nasional

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, infoPublik – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar, bekerja sama dengan Perpustakaan Nasiaonal Repulik Indonesia menggelar Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca Tahun 2018, di Aula Dinas Pendidikan, Martapura Sabtu (21/7).
Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca serupa ini, juga dilaksanakan di 60 titik kabupaten dan kota lain di seluruh Indonesia.
Mengangkat tema Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan Dalam Rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat, Kabupaten Banjar kedatangan Pustakawan Ahli Utama RI, Supriyanto dan Anggota DPR-RI Komisi X, Zainul Arifin.
Hadir dan membuka acara, Sekda Banjar H Nasrunsyah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina, unsur muspida. Sedangkan para peserta dari kalangan pustakawan, mahasiswa dan para pelajar di Kabupaten Banjar.
Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan RI Supriyanto mengatakan, semua kalangan harus peduli dengan dunia baca. Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten atau kota Tahun 2018 ini diharapkan mampu meningkatkan kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Banjar.
“Kami mengimbau semua kalangan agar turut menggerakkan keperdulian terhadap membaca, karena dengan membaca dapat mencerdaskan anak bangsa sehingga dapat meraih prestasi,” ujarnya.
Menurut Supriyanto, seseorang memiliki rasa keingintahuan yang berguna untuk mengembangkan potensi, dan itu semua dapat dicapai dengan belajar dan membaca. “Banyak membaca membaca membuat pengetahuan kita lebih luas dan cerdas,”urainya.
Sekda Banjar H Nasrunsyah menuturkan, Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mengapresiasi dan menyambut kedatangan Anggota Komisi X DPR RI H Zainul Arifin Nor dan Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan RI Supriyanto saat menyambangi Kota Martapura, dalam rangka kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca.
“Saya meminta,H Zainul Arifin Nor dan Pak Supriyanto dapat memberikan motivasi dan memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas dan buku-buku, bagi perpustakaan desa. Karena hal ini guna peningkatan dalam pengelolaan Perpustakaan di Kabupaten Banjar agar semakin berkembang,” katanya.
Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, saat ini terus berusaha memaksimalkan peran perpustakaan umum dengan memberi layanan perpustakaan kecamatan dan desa maupun sekolah, layanan pinjam pustaka serta layanan internet.
Saat ini sudah ada program perkembangan perpustakaan desa berbasis Teknologi (IT), seperti Perpustakaan Desa Dalam Pagar, Indrasari dan kelurahan Pasayangan.
Sementara Kepala Dinas PerPustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina menuturkan,
pihaknya telah bertransformasi, dari yang tadinya hanya tempat membaca dan meminjam buku sekarang menjadi pusat berkegiatan.

Selain itu pihaknya juga mengadakan kursus komputer gratis, dan diharapkan para UKM dapat mengikuti kursus tersebut. “Kalau ada yang ingin bergabung, bisa datang langsung ke dinas Perpustakaan dan Kearsipan,” jelasnya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X