TINGKATKAN PENGETAHUAN PETANI, DINAS TPH KAB. BANJAR ADAKAN SEKOLAH LAPANG

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan petani tentang tata cara pengembangan budidaya cabe merah Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura mengadakan kegiatan Sekolah Lapang yang diadakan di Desa Pasar Baru, Kecamatan Sambung Makmur, Senin (05/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas TPH Kab. Banjar, Kepala BPP Sambung Makmur, Mantri Tani, dan Beberapa PPL, Petugas POPT, Serta tentu saja para peserta yang terdiri dari beberapa kelompok Tani yairu Kelompok Tani Kesejahteraan Rakyat dari desa Pasar Baru, Rumpun Bambu dari desa Sungai Lurus, Rukun Tani dari desa Batang Banyu.

Ketiga Kelompok Tani ini merupakan salah satu kelompok yang baru saja mendapatkan bantuan bibit cabe dari pemerintah yakni Kelompok Rumpun Bambu sebesar 2 Ha cabe besar, Rukun Tani sebesar 3 ha cabe rawit dan Kesejah teraan Rakyat sebesar 5 ha cabe besar. Selain mendapatkan bantuan lainnya seperti Mulsa Plastik, Pupuk NPK, Pupuk Hayati, Insektisida dan Fungisida.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas Dinas TPH Kabupaten Banjar melalui Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura mengadakan kegiatan bimbingan dengan sekolah lapang. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang TPH.Ibu Nurul Chatimah,SP, MP

Dalam sambutanya beliau mengatakan bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah merupakan stimulan agar petani mau mengembangkan budidaya cabe merah di daerahnya. Kedepannya beliau juga mengatakan bahwa petani harus bisa mandiri, dan terus bisa mengembangkan budidaya cabe dengan ada ataupun tidak adanya bantuan dari pemerintah.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala BPP Sambung Makmur Muhammad Syamsi, SP juga mengatakan “Pada Tahun 2013 Konsumsi cabe dikabupaten Banjar mencapai 5 kg perkapita, apalagi sekarang sudah tahun 2019 pastinya konsumsi cabe lebih tinggi lagi”

“Peluang mengembangkan cabe di daerah desa pasar baru dan sekitarnya sangat cocok, selain itu peluang bisnis budidaya tanaman cabe juga sangat menjanjikan”. Tambahnya.

Bertindak sebagai pemateri diantaanya adalah Kepala BPP Sambung Makmur yang menyampaikan materi tentang peran penyuluh dalam pengemban tanaman cabe, kemudian dilanjutkan oleh mantra tani yang menyampaikan materi tentang pengolahan tanah, Penyuluh Pertanian Lapangan sambung makmur yang menyampaikan materi tentang perawatan tanaman cabe,serta terakhir dari Petugas POPT yang mengajarkan cara pengendalian hama tanaman cabe.

Diakhir acara, perwakilan dari peserta menyampaikan pengalamannya dalam membudidayakan tanaman cabe serta mengucapkan terimakasih atas segala bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah kepada para petani. (toleedy)

Source:: DTPH

Comments
Loading...