Tingkatkan Potensi Pengelola MC, Kominfo Gelar Bimtek

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

By admin

dir-sunaryoSurabaya (21/9/2016), Untuk meningkatkan kemampuan petugas pengelola media center (MC) dalam penulisan berita, Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Petugas Pengelola Media Center Daerah yang berlangsung pada 21 – 23 September 2016 di Surabaya.

Menurut Direktur Pengelolaan Media Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Sunaryo, kegiatan Bimtek yang mengusung Strategi Konten Digital untuk Petugas Pengelolaan MC Daerah ditujukan untuk mengaktifkan kembali MC dalam memberikan kontribusi informasi atau berita dan foto kepada infopublik.id. “Disamping itu juga untuk melakukan sharing terkait permasalahan yang dialami para pengelola Media Center yang mulai kurang aktif. Permasalahan kurang aktifnya MC dalam kontribusi berita pada umumnya terkendala adanya rotasi pengelolanya, dan pergantian pimpinan.”kata Sunaryo, saat membuka Bimtek Untuk Petugas Pengelola MC daerah, di Surabaya, Rabu (21/9/2016).

Dengan Bimtek ini, Sunaryo mengharapkan, para peserta dapat memanfaatkan benar  dan menambah ilmu yang diberikan oleh para nara sumber yang kompeten di bidang jurnalistik sehingga kontribusi MC yang tidak aktif kembali aktif memberikan kontribusi informasi atau berita kepada Infopublik. “Kami harapkan MC yang tidak aktif kembali memberikan kontribusi dalam bentuk berita maupun foto kepada Infopublik,” katanya. Dia menambahkan jumlah provinsi, kabupaten dan kota penerima bantuan perangkat Media Center dari tahun 2007 s.d. 2015 sebanyak 226 daerah. Pada TA 2016 jumlah penerima adalah 25 lokasi. Sedangkan Penerima Media Center TA 2015 sudah mengikuti Bimtek di Makassar, April 2016.  Dari sekian MC yang ada hanya 40 MC yang aktif memberikan kontribusi berita ke Infopublik.id. “Kontribusi berita nusantara dan foto di InfoPublik hingga Juli 2016 berasal dari 131 lokasi atau 58%.

Ketua Penyelenggara Bimtek, Kasubdit Media Online Dit PMP, Nurlaili menjelaskan tujuan bimtek kali ini adalah untuk meningkatkan kemampuan petugas pengelola media center dalam hal penulisan berita tesk dan foto untuk media online, meningkatkan ketrampilan petugas pengelola media center dalam hal memperbaiki tulisan secara efektif dan efisian dan meningkatkan kualitas dan kuantitas kontribusi berita dari media center untuk infopublik, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Dia menambahkan Bimtek ini diikut 60 peserta dari MC Daerah wilayah Barat dan tengah yang aktif mengirimkan berita baik teks maupun foto ke portal berita infopublik. Ia mengharapkan agar kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para pengelola media center daerah dalam melakukan pelayanan informasi dan komunikasi publik, serta menyajikan berita-berita kepemerintahan yang memenuhi kriteria dalam jurnalistik online.

Bimbingan teknis kali menghadirkan narasumber Direktur Pengelolaan Media Publik, Drs, Sunaryo, MM, Pemimpin Redaksi portal berita infopublik.id,  Ahmed Kurniah, Kepala Divisi Artistik dan Foto dari SKH Media Indonesia, Hariyanto dan Asisten Kepala Divisi Pemberitaan Media Indonesia.com, Victor JP Nababan serta Asisten Kepala Divisi Content Enrichment Media Indonesia, Sabam Sinaga. Disamping itu Redaktur Berita Nusantara, portal berita infopublik, Kusnadi dan Redaktur foto infopublik, Agus S. Budiawan juga Tim Teknis IT, Ditjen IKP, Choirul Umami. (Sumber : kominfo.go.id) (dishubkominfo.banjarkab.go.id)

Source:: http://dishubkominfo.banjarkab.go.id/tingkatkan-potensi-pengelola-mc-kominfo-gelar-bimtek/

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X