TMMD PERCEPAT PEMBANGUNAN DESA

1. Bupati Banjar Sultan H Kharil Saleh melakukan penandatanganan berita acara kegiatan TMMD ke-90 Kodim 1006 Martapura di Desa
Bupati Banjar Sultan H Kharil Saleh melakukan penandatanganan berita acara kegiatan TMMD ke-90 Kodim 1006 Martapura di Desa Munggu Raya Kecamatan Astambul yang disaksikan Danrem 101 Antasari Kolonel Inf. M. Herindra, M.A dan dan Dandim 1006 Martapura Letnan Kolonel Inf Apriadi Dirbas di Halaman Kantor Pemkab Banjar.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI untuk membantu Pemda dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus untuk menciptakan dan terbinanya kemanunggalan TNI-Raktat dalam rangka kepentingan pertahanan Negara. Selain itu TMMD yang telah berjalan selama ini pada hakekatnya di tujukan untuk memotivasi dan menumbuh kembangkan kesadaran dan semangat masyarakat dalam membangun wilayahnya.
Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh yang membacakan sambutan tertulis Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Dicky Wainal Usman, S.IP, M.Si, yang juga bertindak selaku Inspektur Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90 Wilayah Kodam VI Mulawarman, Senin 3 Juni 2013 di Halaman Kantor Bupati Banjar.
Ia mengatakan, dalam pelaksanaan TMMD kegiatan dibagi dalam dua sasaran, sasaran fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur berupa peningkatan sarana prasarana dan fasilitas umum, guna mempercepat pembangunan di daerah, sedangkan sasaran non fisik ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan jiwa wira usaha masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan yang diharapkan.
Program TMMD ke-90  TA.2013 dilaksakan selama 21 hari, masing-masing diwilayah Kodim 0902/Tanjung Redep, Kodim 0905/Balikpapan, Kodim 0911/Nunukan, Kodim 1003/ Kandangan, dan Kodim 1006/ Martapura. Pelaksanaan melibatkan 986 personel yang tergabung dalam satgas TMMD, dengan rincian Prajurit TNI 596, Polri 44 orang, Instansi lintas sektoral terlait 110 orang dan masyarakat 235 orang.
Ia juga menjelaskan, secara umum pelaksanaan TMMD ke-90  TA.2013 di wilayah Kodam VI Mulawarman telah dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman serta berhasil sesuai sasaran yang ditetapkan. Keberhasilan pelaksanaan tersebut tentu tidak tersepas dari peran dan partisipasi masyarakat yang masih memegang teguh budaya gotong royong dan musyawarah untuk mufakat serta adanya keterpaduan dan kebersamaan antara TNI, Polri, Pemda,  instansi terkait dan masyarakat.
Sementara itu Kapten Inf Kurmanto melaporkan, kegiatan TMMD ke-90 Kodim 1006 Martapura di Desa Munggu Raya Kecamatan Astambul bertujuan mewujudkan peran Kodim dan Pemerintah Kabupaten Banjar dalam melaksanakan TMMD TA 2013 untuk menghasilkan kondisi yang menunjang pembangunan di wilayah Kabupaten Banjar serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Adapun pelaksanaan tahap Pra TMMD dilaksanaan selama 3 minggu  mulai 22 April s/d 13 Mei 2013 dan tahap pelaksanaan TMMD mulai tanggal 14 Mei s/d 3 Juni 2013, dengan kegiatan fisik pengurukan jalan, siring batu gunung kiri dan kanan jalan, rehap jembatan, rehap pos kamling dan pembutan bangku dan meja madrasah, serta kegiatan non fisik dengan penyuluhan 4 pilar kebangsaan, Kantibmas, pelayanan KB/Kes, penyuluhan pertanian, perikanan dan sunatan massal. (Humas Banjar).

Comments
Loading...