TP- PKK Banjar Berikan Pelatihan Budidaya Sayuran Hidroponik

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Infopublik, Martapura – Berkembangnya ilmu dan teknologi pertanian maka berkembang pula cara dan metode dalam bercocok tanam, seperti halnya tanaman hidroponik yang mana metodenya masih asing dikalangan masyarakat.
Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banjar dan Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan budidaya sayuran Hidroponik untuk kader PKK Kecamatan, di aula Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (28/3/2019) pagi.
Acara tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kab. Banjar, Hj Raudatul Wardiyah, Kepala Dinas TPH Kab. Banjar, Moch. Fachry, serta seluruh kader PKK Kecamatan Martapura, Martapura Timur, dan Martapura Barat
Ketua TP PKK Kab. Banjar, Hj Raudatul Wardiyah mengatakan menyambut baik, pelatihan penerapan teknologi perkebunan modern untuk kader PKK Kecamatan. Pelatihan ini mendukung salah satunya program PKK yaitu Hatinya PKK, Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pengembangan usaha tani serta pengolahan hasil tanaman pangan dan hortikultura.
Dia berharap para kader yang mengikuti pelatihan tersebut bisa menerapkan ilmu serta dapat berbagi ilmunya kepada masyarakat sekitar.
“Para Kader PKK bisa memanfaatkan halaman rumah sebagai sumber pangan minimal lingkup keluarga tanpa peptisida, dengan tanaman hidroponik baik itu sayur-sayuran, tanaman buah, tanaman obat, hingga tanaman hias sehingga dapat memanfaatkan pekarangan dilahan sempit atau terbatas dengan bahan media yang mudah didapat,”ujarnya.
Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kab. Banjar yang telah memfasilitasi pelatihan budidaya sayuran hidroponik tersebut.
Kepala Dinas TPH Kab. Banjar, Moch. Fachry berharap melalui pelatihan tersebut tanaman hidroponik berkembang di Kabupaten Banjar yang ditanam oleh ibu-ibu kader PKK di rumah.
“Memanfaatkan halaman yang sempit, yang mana pada umumnya perumahan memiliki lahan terbatas, dengan teknologi budidaya hidroponik ini, kita bisa memanfaatkan bahan-bahan bekas seperti toples, gelas plastic dan lain-lainnya,” ujarnya
Bahan menanam sayuran metode hidroponik hanya memerlukan bibit dan nutrisi dengan perawatan yang mudah yaitu hanya memberi asupan air dan nutrisi yang cukup.
“Ibu-ibu sambil bekerja di dapur, waktu pagi bisa dengan kontrol asupan air dan nutrisi tanaman hidroponik, dengan perhitungan yang benar kita bisa mempanennya setiap hari. Sangat mudah, tentu ini bisa memberikan kebutuhan sayuran yang sehat bagi keluarga. Semua metode budidaya hidroponik lengkap nanti lebih jelaskan oleh teknis Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Banjar” katannya.
Pada pelatihan budidaya sayuran Hidroponik untuk kader PKK kecamatan tersebut disampaikan oleh tim teknis Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Banjar, Rita Zahara dengan materi budidaya sayuran secara hidroponik skala rumah tangga dan praktek pembuatan nutrisi, persemaian, penanaman, dan pemanenan. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rzq/Prs/Hendy)

Source:: MEDIA CENTER BANJAR

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...