WAKIL BUPATI BANJAR RESMIKAN GEDUNG BARU LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS 1 MARTAPURA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Gedung Baru Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura yang berlokasi di jalan Pintu Air Martapura, diresmikan Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama Kakanwil Kementrian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan Ferdinand Siagian dengan konsep Ramah Anak, Senin (28/1) siang.
Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan plakat oleh Kakanwil Hukum dan HAM.
Dalam sambutannya Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan dirinya mengapresiasi dan bangga atas keberadaan LPKA kelas 1 di Kabupaten ini, dengan berbagai pembinaan dan keterampilan termasuk pembinaan dari segi keagamaan yang sudah di terapkan LPKA ini, walaupun Lembaga ini di gunakan tidak hanya untuk melayani anak binaan di Kabupaten Banjar saja, namun untuk anak-anak binaan diseluruh Kalimantan Selatan.
“Dengan keberadaan lapas anak ini kita berharap pembinaan dengan berbagai keterampilan bisa dapat bermanfaat bagi anak itu sendiri, baik pembinaan jasmani maupun rohani. Mungkin namanya lapas anak agak sedikit kurang pas makanya sekarang di rubah menjadi Lembaga pembinaan agar tidak terkesan ekstrem,” ujar Saidi.

Sementara itu hal senada juga di sampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan Ferdinand Siagian. Disampaikan Ferdinand gedung baru yang dibangun ini mempunyai konsep Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang ramah anak, dengan berbagai regulasi yang ada, sehingga anak-anak yang di bina di sini akan menjadi baik dan diharapkan pada saat keluar dari lembaga ini nanti, anak-anak tersebut dapat mempraktekkan segala program binaan yang diajarkan.
“Gedung ini bangunan agar suasananya jadi baik dan ramah anak, dan ini memang menjadi keinginan kementrian Hukum dan HAM sesuai dengan program yang telah di tetapkan, jadi anak-anak ini pada saat keluar tidak di cap sebagai tahanan namun diperlakukan sebagai anak biasa dengan berbagai modal keterampilan,” kata Ferdinand
Di tempat yang sama, Kepala Lembaga Pembinaaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura, Muhammad Latif Safiudin mengatakan berbagai fasilitas tersedia di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura yang baru di resmikan ini, disamping untuk memudahkan lembaga ini melakukan pembinaan terhadap narapidana di LPKA ini, selain itu untuk memperhatikan hak-haknya sebagai anak.
“Dantara fasilitas tersebut yakni, terdapat bangunan kantor, ruangan klinik dengan dua perawat yang di sediakan, ruangan makan, dapur, mesjid, majelis serta gedung serba guna untuk kegiatan bulu tangkis, musik dan kegiatan lainnya. Todak hanya itu, di sini juga terdapat lapangan untuk berbagai kegiatan seperti senam, pramuka dan lainnya,” jelas Latif.
Latif juga mengatakan gedung baru LPKA ini di bangun dengan menggunkan dana APBN sebesar 13 miliyar rupiah, yang dapat menampung kapasitas anak binaan sekitar 100 orang yang terbagi dalam dua blok yaitu Paviliun Sultan Adam dan Paviliun Sultan Suriansyah. Di LPKA ini pula dilakukan berbagai pembinaan keterampilan dan kegiatan keagamaan seperti kegiatan majelis dan Pesantren terpadu yang di beri nama At Taubah.
Lebih lanjut Latif menyampaikan pembinaan yang di lakukan terhadap anak binaan ini dibantu steakholder lain, seperti dari dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Dinas Kesehatan, Kemenag, Dinas Sosial, ULM serta steakholder lainnya. Karena menurut Latif anak binaan yang di tampung di LPKA dulunya kebanyakan terlibat kasus Narkoba dan ada juga pencabulan anak, Latif berharap semuanya akan menjadi baik.
Turut hadir Kepala Lapas Anak M. Latif Safiudin, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar Muji Martopo, Kemenag Banjar Izzudin dan Forkopimda dan para undangan lainnya.

Source:: HUMAS

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X