Warga Diminta Tertib Buang Sampah

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Martapura, InfoPublik – Produksi sampah di Kabupaten Banjar selama bulan Ramadan 1439 hijriah mengalami peningkatan dibandingkan pada hari biasa. Sementara Dinas Lingkungan Hidup yang mengurusi kebersihan, meminta warga untuk tertib serta menaati aturan membuang sampah.
Di bandingkan produksi sampah pada hari biasa, maka selama Ramadan ini ada peningkatan volume sampah sekitar 5%. Hal ini terjadi karena tingginya konsumsi makanan oleh masyarakat selama bulan puasa.
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Pertanaman dan Limbah Dinas LH Banjar Riza Rusadi , menjelaskan, pada hari biasa produksi sampah warga mencapai 80 ton sedangkan saat Ramadan, mengalami peningkatan sekitar 5%.
“Jika biasanya kita mengakut sampah sekitar 8 ton per hari, maka saat ini yang kita bersihkan sekitar sebelumnya perhari hanya 80 ton, sekarang saat Ramadan mengalami peningkatan bisa sampai 83 ton hingga 85 ton per hari,” ujarnya, Sabtu (9/6).
Menurutnya, saat Ramadan memang kerap terjadi peningkatan volume sampah yang dihasilkan oleh warga. Hal ini, karena memang banyak warga yang juga menambah produksi seperti pedagang kue, buah-buahan, sayuran dan lainnya untuk keperluan puasa.
Selain saat Ramadan, peningkatan produksi sampah di Kabupaten Banjar, juga terjadi saat musim buah seperti durian, rambutan, cempedak dan lainnya. Namun peningkatan volume sampah bukan masalah bagi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar.
Sedangkan untuk petugas dan armada yang diterjunkan, tetap tidak ada perubahan yakni 37 truk sampah setiap hari dan masuk ke tempat pembuangan akhir selama 24 jam. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani)

Source:: Media Center

Source:: KOMINFO

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Berita Lainnya More from author

Comments

Loading...
X